Breaking News

Kenapa IKN Tidak Siap-siap?, Pakar Hukum 'Bongkar' Alasannya


Pakar hukum tata negara Refly Harun mengungkapkan kenapa Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur yang dibangun Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan ibu kota negara tidak siap-siap.

Menurut Refly Harun, permasalahannya adalah Jokowi membangun IKN tidak dengan semangat kebersamaan atau tidak berdasarkan keinginan rakyat, tapi sebagai warisan dari kepemimipnannya, sehingga tidak pernah siap sampai sekarang.

"Apa yang ingin saya katakan Presiden Jokowi membangun ibu kota tidak dengan semangat kebersamaan, itu persoalannya, tidak dengan sebuah imajinasi dari rakyat bahwa ibu kota harus berpindah," ucapnya. 

"Tidak mengikut sertakan pendapat orang banyak, hanya dia sendiri yang kemudian berimajinasi untuk legacy, ya akibatnya adalah ketidaksiapan seperti ini," imbuhnya, dikutip dari YouTube Refly Harun, Jumat (20/9).

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak mau terburu-buru mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) soal pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Karena menurut Jokowi, syarat utama untuk memindahkan ibu kota adalah kesiapan infrastruktur hingga Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kalau yang namanya sudah ditandatangani, pindah itu semuanya harus siap. Bukan cuman gedungnya siap. Furniture-nya harus siap, listriknya harus siap, SDM-nya harus siap, sistemnya harus siap," tegas Jokowi di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2024), dikutip dari Liputan 6.

"Ini bukan pindahan rumah aja ruwetnya kayak gitu. Ini pindahan ibu kota. Jadi semuanya harus dihitung," dia menegaskan. 

Dirinya mengatakan Keppres pemindahan ibu kota ke IKN bisa dilakukan Prabowo Subianto yang merupakan presiden selanjutnya jika IKN memang sudah siap untuk dijadikan pusat pemerintah.

"Yang tanda tangan bisa saya bisa presiden terpilih, pak Prabowo Subianto. Yang penting kotanya ini siap betul, ekosistemnya sudah terbangun," ujar dia. 

"Kalau itu sudah siap, juga ada yang pendukung yang lainnya. Logistik seperti apa, sekolah untuk anak-anak yang nanti di sana siap ndak, rumah sakitnya siap ndak. Semuanya, tidak hanya urusan kita pindahan," urainya.

Sumber: wartaekonomi
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan IKN/Net
Kenapa IKN Tidak Siap-siap?, Pakar Hukum 'Bongkar' Alasannya Kenapa IKN Tidak Siap-siap?, Pakar Hukum 'Bongkar' Alasannya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar