Breaking News

KPK Batal Klarifikasi Soal Jet Pribadi Kaesang Pangarep, Mahfud MD Singgung Ahistorik


Mantan Menko Polhukam Mahfud MD memberikan tanggapannya usai batalnya KPK mengklarifikasi Kaesang Pangarep soal penggunaan jet pribadi.

Melalui tweet di akun X-nya, Mahfud MD mengungkapkan bahwa seluruh elemen masyarakat tidak bisa memaksakan KPK agar melakukan klarifikasi terhadap Kaesang Pangarep soal penggunaan jet pribadi.

Namun demikian, Mahfud menuturkan adanya koreksi dalam penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dimana, dirinya menyinggung soal ahistorik.

Mahfud menjelaskan, terdapat banyaknya fenomena pejabat yang terbukti korupsi usai istri atau anaknya menjalani pemeriksaan.

Ia lantas mencontohkan kasus Rafael Alun yang terbukti melakukan gratifikasi usai sang anak, Mario Dandy terlibat penganiayaan dan flexing harta sang ayah.

"Anak RA dgn mobil mewah menganiaya seseorang. KPK melacak kaitan harta dan jabatan ayah si anak: ternyata hasil korupsi. KPK memproses, RA dipenjarakan," tulis Mahfud seperti dikutip Kilat.com Minggu, 8 September 2024.

Jika batalnya klarifikasi Kaesang lantaran putra bungsu Presiden Jokowi itu bukan pejabat publik, hal tersebut membuat para penyelenggara meminta gratifikasi lewat anak atau anggota keluarga lainnya.

Bahkan hal tersebut kata Mahfud, telah dinyatakan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Sebelumnya, juru bicara KPK Tessa Mahardika memastikan lembaga anti rasuah itu batal melakukan klarifikasi kepada Kaesang soal penggunaan jet pribadi.

Hal ini lantaran penelaahan tersebut bukan lagi ditangani oleh Direktorat Gratifikasi, melainkan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat.

"Akan ada beberapa tindakan untuk melakukan klarifikasi tentunya tahapan pertama kepada pelapor, untuk menanyakan atau meminta keterangan lebih lanjut dan mencari dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk dinilai apakah layak untuk ditindaklanjuti ke tahap berikutnya atau tidak," ujar Tessa.

Terpisah. Ketua KPK Nawawi Pomolango juga sebelumnya telah mengatakan tidak memungkiri pihaknya akan melakukan klarifikasi terhadap Kaesang. Pasalnya, publik telah mengetahui sosok Kaesang dalam kapasitasnya sebagai anak Presiden Jokowi.

"Kita mengenal ada instrumen-instrumen hukum seperti trade in flames, apakah kemudahan-kemudahan yang diperoleh yang bersangkutan itu tidak terkait dengan ajang jabatan yang barangkali disandang oleh sanak kerabatnya," tutur Nawawi.(*)

Sumber: kilat
Foto: Mahfud MD Singgung Soal Ahistorik Usai KPK Batal Klarifikasi Kaesang Mengenai Jet Pribadi. (Foto: unair.ac.id dan instagram.com/kaesangp)
KPK Batal Klarifikasi Soal Jet Pribadi Kaesang Pangarep, Mahfud MD Singgung Ahistorik KPK Batal Klarifikasi Soal Jet Pribadi Kaesang Pangarep, Mahfud MD Singgung Ahistorik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar