Breaking News

Malaysia Diduga Klaim Baju Adat Minangkabau, Acara Fashion Show di Negeri Jiran Jadi Sorotan!


Negara Malaysia diduga klaim baju adat Minangkabau dalam acara fashion show yang belum lama ini digelar.

Baju adat Minangkabau diduga diakui berasal dari Negeri Jiran dan diperagakan dalam acara fashion show bertajuk Miss Cosmo Malaysia 2024.

Penampilan Saranya Naidu yang memperagakan baju adat Minangkabau dalam kompetisi National Costume Competition Miss Cosmo, tuai kontroversi.

Hal ini sebagaimana yang terlihat dibagikan akun TikTok @malaysia.ratu, ajang National Costume Competition Miss Cosmo 2024 berlangsung pada 19 September 2024 malam.

Pakaian adat yang memiliki ciri khas hiasan kepala berupa tengkuluk talakuang dan kain songket motif khusus itu disebut berasal dari Negeri Sembilan, Malaysia.

Sebagaimana diketahui, baju tersebut merupakan pakaian adat khas Minangkabau, Sumatera Barat Indonesia.

Dalam keterangan juga disampaikan daya tarik dari baju adat yang diklaim berasal Negeri Sembilan Malaysia tersebut.

"Arsitektur 'tanduk kerbau' dengan atap runcing merupakan ciri khas Minangkabau atau Suku Kerbau Pemenang Negeri Sembilan," tulisnya, dikutip Kilat.com pada Minggu, 22 September 2024.

Selain itu, disebutkan adanya 9 hiasan pada pakaian tersebut merupakan simbol dari Negeri Sembilan.

"9 hiasan pada pakaian tersebut menyerupai sembilan 'Luak' atau negara bagian yang menjadi federasi Negeri Sembilan," tulisnya lagi.

Sontak hal tersebut menjadi kontroversi terutama ditunjukkan dari komentar netizen Indonesia.

"Ini Padang weee, kenapa sik?" protes Linuscover..

"Don't state Minangkabau from Negeri Sembilan, it's totally false. It's the same like you claim the Minangkabau culture come from Malaysia," ujar El Jabbar.

"Saya orang Minang dan domisili di Padang. Berdasarkan sejarah memang leluhur Minangkabau sudah tinggal dan menyebarkan adat dan budaya ke Negeri Sembilan Malaysia jauh sebelum berdirinya 2 negara ini," tulis Rudi Elfendes. (*)

Sumber: kilat
Foto: Saranya Naidu kenakan baju adat Minangkabau yang diklaim berasal dari Malaysia. ( Instagram @malaysia.ratu)
Malaysia Diduga Klaim Baju Adat Minangkabau, Acara Fashion Show di Negeri Jiran Jadi Sorotan! Malaysia Diduga Klaim Baju Adat Minangkabau, Acara Fashion Show di Negeri Jiran Jadi Sorotan! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar