Breaking News

Philip Mark Merthens Bebas Setelah 1,5 Tahun Disandera KKB, Begini Cara Aparat Loloskan Pilot Susi Air


Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens akhirnya bebas setelah 1,5 tahun disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Kapten Philip Mark Merthens dilaporkan hilang setelah pesawat Susi Air dikabarkan dibakar KKB di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023.

Kala itu, 15 penumpang telah berhasil diselamatkan pasukan gabungan NI dan Polri sementara Kapten Philip hilang.

Kemudian sempat beredar video sang pilot yang mengaku disandera TPNPB-OPM agar Indonesia mengakui Papua Merdeka.

Pasukan keamanan negara pun mencari jalan keluar agar memastikan pilot asal Selandia Baru tetap dalam keadaan selamat.

Kini setelah 1,5 tahun berlalu, akhirnya Kapten Philip berhasil dibebaskan.

"Setelah 1,5 tahun disandera, akhirnya pilot Philip yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di wilayah Nduga berhasil dibebaskan," dikutip Kilat.com dari Instagram divisihumaspolri pada Sabtu, 21 September 2024.

Dalam kolom keterangan juga terungkap cara tim gabungan TNI-Polri membebaskan Philip.

"Polri melalui Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach. Dalam proses pembebasan, pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga," imbuhnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani dalam keterangan tertulisnya.

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," jelasnya.

Kabar bebasnya Kapten Philip dari sandera KKB mendapat sambutan hangat dari netizen.

"Mantabs Pak Polisi," tulis tejocahpati.

"Terimakasih pak. Tanpa mengurangi rasa terimakasih saya kepada TNI dan Polisi yang tergabung dalam operasi damai," balas josep_pasaribu. (*)

Sumber: kilat
Foto: Pilot Susi Air, Philip Mark Merthens/Net
Philip Mark Merthens Bebas Setelah 1,5 Tahun Disandera KKB, Begini Cara Aparat Loloskan Pilot Susi Air Philip Mark Merthens Bebas Setelah 1,5 Tahun Disandera KKB, Begini Cara Aparat Loloskan Pilot Susi Air Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar