Breaking News

Roy Suryo: Akun Fufufafa 99,9 Persen Milik Gibran


Pakar telematika, Roy Suryo memastikan 99,9 persen akun Kaskus Fufufafa adalah milik Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka yang juga merupakan anak sulung Presiden Joko Widodo.

Hal itu diungkapkan langsung Roy Suryo dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang dipandu wartawan senior, Karni Ilyas dengan judul "Setelah Fufufafa... Bisakah Pelantikan Gibran Dibatalkan?".

"Secara teknis, ya kita sisakan sedikit lah, 99,9 persen itu adalah, betul, bahwa itu adalah Wakil Presiden terpilih," kata Roy Suryo dalam video yang diunggah di kanal YouTube Indonesia Lawyers Club, Kamis (19/9).

Dalam acara ini, Roy Suryo pun membeberkan teknik untuk mengetahui siapa pemilik akun, salah satunya pemilik akun di Kaskus. Ada 2 cara yang bisa dilakukan, yakni pendekatan socio-technical dan pure technical.

Dengan socio-technical, kata Roy Suryo, bisa dilakukan pengecekan, apakah bahasa atau frasa yang digunakan oleh seseorang konsisten sama atau tidak. Dan juga bisa dibandingkan dengan akun yang sudah jelas siapa pemiliknya.

"Kita pakai sampel akun @Chilli_Pari, itulah akun catering Chili Pari yang memang dimiliki oleh Gibran Rakabuming Raka. Clear, kalau itu 100 persen tidak terbantahkan. Kemudian, kita pakai akun milik adiknya, @KaisangP, itu milik Kaesang Pangarep," tutur Roy Suryo.

Dari beberapa jejak digital pada akun fufufafa, Chilli Pari dan Kaesang P, kata Roy Suryo, ketiganya terdapat saling koneksi dan berhubungan.

"Ada satu kejadian, di mana pada suatu hari Fufufafa menuliskan bahwa dia lupa dengan passwordnya. Sehingga malah dia menulis di situ, kehilangan atau lupa password," kata Roy Suryo.

"Dia nuliskan juga di situ, prime ID-nya Raka Genarli. Kemudian nama user yang digunakan, @RKGRN, itu singkatan dari Raka Gnarly. Nah, kalimat yang sama dikatakan oleh Kaesang Pangarep juga. Jadi ketika dikonfirmasi, ada yang lupa passwordnnya. Jadi dari situ sudah mulai ada tanda," sambungnya.

Peristiwa yang sama juga terjadi ketika Fufufafa menulis dan bertanya kepada masyarakat. Hanya selang beberapa jam, akun Chilli Pari juga menuliskan hal yang sama.

"Artinya, kalau ada akun fake atau akun palsu, yang kemudian dia meniru akun asli, oke misalnya yang nulis Chilli Pari duluan, dia di-fake kemudian oleh Fufufafa. Tapi ini Fufufafanya yang nulis dulu. Ngapain kemudian akun Chilli Pari menulis sama persis 3 jam berikutnya pada hari yang sama. Hanya yang satu jam 8, yang satu jam 11," tutur Roy Suryo.

Roy Suryo lantas juga membeberkan temuan akun Anonymous yang melakukan doxing kepada Gibran. Di mana, ketika mencoba emergency recovering akun menggunakan nomor handphone milik Gibran, lalu muncul akun pemulihannya adalah @Chilli_Pari.

"Menariknya, ketika 2 variabel itu dimasukkan, yang muncul apa? Fufufafa. Jadi kalau ini sudah sulit terbantahkan," ungkap Roy Suryo.

Roy Suryo pun juga mengungkapkan, bahwa dalam waktu 1-2 hari terakhir ini, ada seseorang yang mengubah password Fufufafa, dan masuk ke dalam Kaskus. Orang itu ditengarai adalah orang yang disuruh seseorang yang selama seminggu terakhir ini melakukan upaya penghilangan barang bukti.

Di mana, dari 5 ribu postingan sejak 2013 lalu, ada 2.100 postingan dihapus.

Sumber: rmol
Foto: Pakar telematika, Roy Suryo/Repro
Roy Suryo: Akun Fufufafa 99,9 Persen Milik Gibran Roy Suryo: Akun Fufufafa 99,9 Persen Milik Gibran Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar