Breaking News

Soroti Silfester Matutina vs Rocky Gerung, Refly Harun Ingatkan 2 Larangan Saat Debat


Perdebatan sengit yang berujung makian oleh Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina kepada Rocky Gerung menuai beragam tanggapan dari sejumlah pihak.

Baru-baru ini, pakar hukum tata negara Refly Harun turut memberikan komentarnya terkait perdebatan yang berujung makian dari Silfester Matutina kepada Rocky Gerung.

Refly Harun mengingatkan terdapat dua larangan saat sedang berdebat dengan seseorang meski dalam keadaan emosi.

Dua larangan yang dimaksud yakni memaki dan menyentuh lawan. Dirinya lantas mencontohkan saat berdebat dengan pengamat politik M Qodari yang pro kepada Jokowi dan Prabowo.

Dimana setelah perdebatannya dengan M Qodari tersebut, dirinya tidak memiliki masalah pribadi dengan pengamat politik itu.

"Tetapi perbedaan itu ya tetap remains ya karena Qodari pro istana lama dan istana baru, kita bagian dari civil society yang ingin memberikan kontrol pada Pemerintahan," kata Refly seperti dikutip Kilat.com dari kanal YouTube-nya Kamis, 5 September 2024.

Refly lantas menyoroti sosok Silfester yang kerap diundang oleh sejumlah stasiun televisi swasta sebagai narasumber. Bahkan, dirinya sempat dipertemukan beberapa kali dengan Silfester dalam sejumlah acara talkshow di stasiun televisi.

Maka dari itu, dirinya mengaku tak heran jika sejumlah pihak menganggap Silfester sebagai suara istana meski bukan juru bicara Presiden, melainkan hanya sebagai relawan Jokowi.

Untuk itu, Refly berharap agar Prabowo Subianto melarang namanya digunakan oleh para komunitas masyarakat, seperti sejumlah kelompok relawan Jokowi saat ini.

Pasalnya setelah dilantik, Prabowo akan menjadi milik seluruh rakyat Indonesia. Dirinya khawatir, nama Presiden akan dimanfaatkan sebagai keuntungan politik tersendiri.

Dengan viralnya perdebatan dan makian tersebut, Refly menilai Silfester bukan sebagai contoh yang baik dalam berdebat.

"Ya sekarang tinggal kecerdasan dan kewarasan masyarakat saja, jadi tidak perlu emosi" tuturnya.(*)

Sumber: kilat
Foto: Kolase Refly Harun dan perdebatan antara Rocky Gerung dengan Silfester Matutina (Kolase tangkap layar YouTube Refly Harun dan iNews)
Soroti Silfester Matutina vs Rocky Gerung, Refly Harun Ingatkan 2 Larangan Saat Debat Soroti Silfester Matutina vs Rocky Gerung, Refly Harun Ingatkan 2 Larangan Saat Debat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar