Breaking News

Usai Kaesang Klarifikasi soal Jet Pribadi ke KPK, Kapan Bobby Nasution Menyusul?


Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, telah memberikan klarifikasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang aksinya bepergian menggunakan private jet. Lantas, bagaimana dengan mantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, yang juga diketahui terbang dengan pesawat pribadi?.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengklaim pihaknya sempat berencana memanggil Bobby Nasution untuk meminta penjelasan tentang fasilitas jet pribadi jenis Embraer Legacy 650 yang ia tumpangi bersama istrinya, Kahiyang Ayu. Namun, karena sudah ada laporan dari masyarakat terhadap Bobby, ia meminta publik menunggu hasil penelaahan Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK. “Gitu aja lebih pas,” katanya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 17 September 2024.

Ia menjelaskan tugas dirinya di KPK lebih pada ranah pencegahan. Biasanya apabila ada indikasi gratifikasi, bidang pencegahan akan memeriksa laporan hasil kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang bersangkutan.

Jika ada penerimaan tak wajar di LHKPN, informasi ini kemudian diteruskan ke Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik untuk diklarifikasi.

"Jadi kami (bidang pencegahan), kayaknya jarang yang langsung tiba-tiba panggil dia gratifikasi, karena gratifikasinya lebih pasif," tutur Pahala. "Kalau dibaca di undang-undang 'menerima dan menetapkan', jadi kami menerima dan menetapkan."

Bobby Nasution telah merespons soal foto viral yang menunjukkan dirinya dan Kahiyang sedang menaiki jet pribadi. Kendati mengakui pernah naik private jet, Bobby tidak menjelaskan secara gamblang apakah jet pribadi yang dinaikinya sesuai dengan foto yang beredar. Ia mempersilakan semua pihak untuk mengeceknya.

"Semua kami pernah naik pesawat. Coba lihat tanggalnya berapa? Punya siapa pesawatnya,” katanya usai rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa, 3 September 2024.

Bobby juga mempersilakan untuk mengecek dana yang ia pakai saat menaiki jet pribadi. “Pakai dana siapa? Kalaupun itu kamu punya sendiri, walaupun itu sewa, uang dari mana? Silakan dicek”.

Ia mengklaim walaupun pernah naik jet pribadi yang pernah terlihat di Solo pada 11 Desember 2022, tidak pernah menggunakan anggaran negara ataupun uang hasil korupsi. "Silakan dicek, diperiksa, apakah pakai uang dari APBD, apakah ada uang korupsi. Saya bisa pastikan, saya bisa declare bukan dari situ," ujar Bobby.

Sumber: tempo
Foto: Bakal calon Gubernur Sumatera Utara Bobby Nasution (kiri) mengikuti tes kesehatan di RSUP Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Senin, 2 September 2024. Bobby-Surya yang diusung partai Gerindra, PPP, Demokrat, PKS, PKB, PAN, Perindo, Golkar, NasDem dan PSI mengikuti tes kesehatan sebagai syarat maju pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2024. ANTARA/Yudi Manar
Usai Kaesang Klarifikasi soal Jet Pribadi ke KPK, Kapan Bobby Nasution Menyusul? Usai Kaesang Klarifikasi soal Jet Pribadi ke KPK, Kapan Bobby Nasution Menyusul? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar