Breaking News

Warga Yogyakarta dan Solo Raya Lakukan Aksi Demonstrasi September Hitam


Aksi demonstrasi September Hitam tengah dilakukan warga Solo Raya dan Yogyakarta pada Selasa, 24 September 2024.

September hitam gencar disuarakan dengan tag line "menolak lupa, merawat ingat" terkait banyaknya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang tidak kunjung berkesudahan.

Sejumlah warga Solo Raya dan Yogyakarta melakukan aksi demo September Hitam di titik lokasi tertentu.

Warga Yogyakarta melakukan unjuk rasa September hitam di Titik Nol Kilometer pada Selasa, 24 September 2024, sedangkan warga Solo Raya melakukannya di Tugu Kartasura.

Hal ini seperti yang terlihat dalam unggahan @Yudie dan @Gundy di Facebook baru-baru ini.

"[September Hitam]Menolak Lupa! Tragedi hitam tahun 1965-1966, tragedi tanjung priok tahun 1984, peristiwa semanggi II tahun 1999, pembunuhan munir said tahun 2004, hingga brutalitas aparat dalam kasi reformasi dikorupsi tahun 2019, dan kasus pelanggaran-pelanggaran HAM lainnya," tulis Yudie, dikutip Kilat.com pada Selasa, 24 September 2024.

Yudie juga mengungkap alasan aksi unjuk rasa September Hitam dilakukan.

"Aksi ini bukan hanya sekedar sebagai aksi refleksi. Akan tetapi, juga sebagai bentuk simbol berduka atas pelanggaran HAM yang semakin menjadi-menjadi dan dilanggengkan oleh negara.

Kasus pelanggaran HAM terus menerus terjadi setiap tahun, namun negara tetap abai dalam menyelesaikannya," sambungnya. Di akhir keterangannya, Yudie menuliskan pesan dari Mahatma Gandhi. Sementara aksi unjuk rasa September Hitam di Tugu Kartasura terungkap lewat informasi yang beredar.

"Seruan aksi September Hitam Selasa 24 September 2024 lokasi Tugu Kartasura, pukul 14.00 - selesai, baju hitam.

Mengundang seluruh elemen masyarakat Solo Raya #merawat ingat melawan lupa #tolak penyelesaian hukum AHAM dengan cara non Yudisial #Hapus impunitas di Indonesia," tulis foto dalam keterangan yang dibagikan oleh akun Gundy di Grup Facebook Pawartos pada Selasa, 24 September 2024. Dalam aksinya, warga Solo Raya melakukan tabur bunga, lilin, orasi, dan penampilan seni, serta doa bersama. (*)

Sumber: kilat
Foto: Sejumlah warga Solo Raya dan Yogyakarta gelar aksi demonstrasi September Hitam (Kolase Facebook Gundy dan Yudie)
Warga Yogyakarta dan Solo Raya Lakukan Aksi Demonstrasi September Hitam Warga Yogyakarta dan Solo Raya Lakukan Aksi Demonstrasi September Hitam Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar