Breaking News

4 Ketum Parpol yang Dapat Jatah Calon Menteri Kabinet Prabowo: Semuanya Wajah Lama?


Nama-nama calon menteri kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kini perlahan muncul satu persatu. Prabowo diketahui telah memanggil beberapa tokoh untuk hadir ke kediamannya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Panggilan tersebut diperuntukkan bagi para tokoh politik yang dinilai oleh Prabowo sebagai sosok potensial untuk menjadi menteri. Adapun ada beberapa tokoh penting partai politik (parpol) yang turut diundang Prabowo. 

Bahkan di antara beberapa tokoh politik tersebut, ada sederet ketua umum atau ketum parpol besar di Tanah Air yang turut mendukung kemenangan Prabowo di Pilpres 2024 lalu. Siapa saja mereka?

Ketua Umum Golkar - Bahlil Lahadalia

Bahlil Lahadalia menjadi salah satu dari 49 tokoh yang dipanggil Prabowo. Sebelumnya, Bahlil menikmati puncak kariernya usai dilantik sebagai Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) menggantikan Airlangga Hartarto.

Bahlil urung mengungkap ia akan diangkat menjadi menteri apa, namun ia sempat berdiskusi dengan Prabowo terkait kedaulatan sumber daya alam dalam pertemuan itu.

"Ya bahas banyak hal menyangkut dengan urusan bagaimana kedaulatan terhadap sumber kekayaan kita, ya biasa seperti biasa," kata Bahlil ke wartawan, Senin (14/10/2024).

Sontak, muncul asumsi publik bahwa Bahlil Lahadalia akan kembali menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil lalu meminta publik agar menunggu pernyataan resmi dari Prabowo usai dilantik.

"Nanti aja. Nanti diumumkan oleh bapak presiden," ucapnya.

Ketua Umum Demokrat - AHY

Selain Bahlil Lahadalia, ada Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga memenuhi undangan Prabowo.

AHY pun meminta publik menunggu pernyataan resmi terkait kementerian apa yang akan dikepalai oleh AHY.

"Saya tidak ingin mendahului karena pak Prabowo lah yang akan mengumumkan secara langsung," terang AHY kepada wartawan.

Putra eks Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini lalu memberi bocoran halus bahwa kementerian yang ia akan pimpin berurusan dengan pembangunan.

Ketua Umum PAN - Zulkifli Hasan

Lalu, ada sosok Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan alias Zulhas yang masuk ke jajaran calon menteri kabinet Prabowo.

Adapun dengan pemanggilan Zulhas oleh Prabowo, menandakan bahwa sang Ketum PAN tersebut akan kembali menduduki posisi menteri.

Tak jauh berbeda dengan Bahlil dan AHY, Zulhas juga meminta publik bersabar untuk menunggu pengumuman dari Prabowo.

Ketua Umum PKB - Cak Imin

Kendati menjadi kandidat lawan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 lalu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga ikut diundang bersama Bahlil, AHY, dan Zulhas ke rumah Prabowo.

Sosok Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini sebelumnya sempat menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di era SBY.

Kini, Cak Imin dipanggil untuk kembali menjadi menteri di era Prabowo.  Seusai keluar dari kediaman Prabowo, Cak Imin urung mengungkap ia akan diangkat menjadi menteri apa. Ia juga memberikan jawaban yang sama yakni agar publik menunggu pernyataan resmi dari Prabowo.

Sumber: suara
Foto: Prabowo Subianto usai memanggil 49 figur calon menteri di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Suara.com/Bagaskara)
4 Ketum Parpol yang Dapat Jatah Calon Menteri Kabinet Prabowo: Semuanya Wajah Lama? 4 Ketum Parpol yang Dapat Jatah Calon Menteri Kabinet Prabowo: Semuanya Wajah Lama? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar