Breaking News

5 Fakta Speedboat Milik Cagub Malut Benny Terbakar, Berawal Isi BBM hingga 6 Orang Tewas


SPEEDBOAT milik Calon Gubernur Maluku Utara nomor urut 4, Benny Laos terbakar di Pelabuhan Bobong, Kecamatan Taliabu barat, Pulau Taliabu, Maluku Utara, Sabtu 12 Oktober 2024.

Kebakaran tersebut terjadi saat Benny dan rombongan kampanye berjumlah 72 orang berada di dalam speedboat yang bersandar di dermaga Pelabuhan Bobong. Berikut sejumlah faktanya:

1. 6 Orang Tewas, Cagub Malut Benny Laos Salah Satunya

RSUD Bobong, Pulau Taliabu, Maluku Utara merilis nama-nama korban kecelakaan Speedboat yang ditumpangi rombongan Paslon Gub dan Wagub Maluku Utara No urut 4 Benny Laos - Sabrin Dehe.

Berikut Daftar Nama Korban Tewas:

1. Benny Laos (Cagub Maluku Utara)
2. Ester Tantri (Anggota DPRD Maluku Utara)
3. Mudin A Wahid (Anggota DPRD Maluku Utara)
4. Nasrun (Tim Sukses)
5. Mahsudin Ode Muisi (Tim Sukses)
6. Hamdani Buamona Bot (Ajudan Cabup Kepulauan Sula)

2. Cagub Malut Benny Laos Sempat Koma 2 Jam

Benny sempat mengalami koma selama dua jam usai kebakaran. Kapolres Pulau Taliabu AKBP Totok Handoyo mengatakan, berdasarkan keterangan dari pihak RSUD Bobong, Dr. Virginia, Benny Laos dinyatakan meninggal dunia pukul 17.20 Wit.

“Pihak RSUD sudah melakukan segala upaya namun korban tetap tidak sadarkan diri (koma) dan RJ selama kurang lebih 2 jam dan dinyatakan meninggal dunia,” ucap Totok, Sabtu (12/10/2024).

3. 10 Korban Lain Masih Dirawat

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Ternate, Fathur Rahman menyatakan masih ada 10 korban kebakaran speedboat di Maluku Utara (Malut) yang masih menjalani perawatan di rumah sakit. 

Sepuluh orang tersebut merupakan bagian dari penumpang speedboat terbakar di Pelabuhan Regional Bobong yang menewaskan Calon Gubernur Maluku Utara, Benny Laos. 

"10 orang (masih di rawat di RS)," kata Fathur, Sabtu (12/10/2024). 

Berdasarkan update laporan yang diterima MNC Portal, 10 orang yang masih menjalani perawatan di RS atas nama, Sherly Tjoanda, Hendrata Thes, Amir, Ajam, dan Irsan. Kemudian, Sance, Dian Jurak, Faisal, Susianto, dan Mariana Meskopa. 

4. Benny Laos Usai Lakukan Kampanye

Calon Gubernur Maluku Utara (Malut), Benny Laos meninggal dunia akibat kebakaran kapal speedboat yang ditumpanginya usai melaksanakan kampanye. Kabar itu sudah dibenarkan oleh pihak kepolisian di Ternate.

Speedboat Bella 72 yang ditumpangi Benny Laos usai melaksanakan kampanye pun terbakar. Adapun penumpang kapal yang merupakan rombongan Benny Laos berjumlah 28 orang. Sedangkan awak kapal berjumlah 6 orang.

5. Kronologi Kejadian

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman menjelaskan kronologi kecelakaan. Bahwa pada tanggal 12 Oktober 2024 sekitar pukul 14.05 WIT terjadi ledakan pada kapal speedboat yang ditumpangi oleh rombongan Paslon Benny Laos-Sabrin Dehe.

"Terjadi ledakan yang berasal dari Speedboat Bella 72 yang ditumpangi oleh rombongan Paslon Gub dan Wagub Maluku Utara No urut 4 Benny Laos-Sabrin Dehe bersama tim saat berlabuh di Pelabuhan Regional Bobong, Desa Bobong, Kec. Taliabu Barat, Kab. Pulau Taliabu yang mengakibatkan terjadi kebakaran di seluruh body speedboat," kata Fathur dalam keterangannya, Sabtu (12/10/2024).

Fathur mengatakan bahwa seluruh penumpang sudah berada di dalam kapal saat kebakaran terjadi. Kebakaran terjadi saat pengisian BBM.

"Sebelum terjadi ledakan, seluruh POB berada di dalam speedboat, sementara speedboat tersebut melakukan pengisian BBM terjadilah ledakan disertai kobaran api," ungkapnya.

Lima orang meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut. Korban meninggal saat ini masih berada di Rumah Sakit Bobong. 

Sumber: okezone
Foto: Speedboat Milik Cagub Malut Benny Terbakar (foto: dok ist)
5 Fakta Speedboat Milik Cagub Malut Benny Terbakar, Berawal Isi BBM hingga 6 Orang Tewas 5 Fakta Speedboat Milik Cagub Malut Benny Terbakar, Berawal Isi BBM hingga 6 Orang Tewas Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar