Breaking News

Akomodir Menteri Jokowi, Prabowo Ingin Transisi Tanpa Gejolak


Menjelang pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, bocoran susunan kabinet mulai muncul ke publik. 

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, kabinet Prabowo diprediksi akan diisi oleh banyak nama yang saat ini menjabat menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Prabowo ingin memastikan transisi berjalan adem ayem tanpa gejolak. Bahwa orang-orang Jokowi akan diakomodir Prabowo," kata Adi kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Kamis, 10 Oktober 2024.

Adi menilai "Jokowi Effect" sangat berpengaruh dalam kemenangan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. 

Maka dari itu, Prabowo berkomitmen untuk melanjutkan beberapa kebijakan Jokowi dengan memboyong sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Meskipun tak ada yang pernah tahu ke depannya seperti apa, apakah mereka terus jadi menteri sampai lima tahun atau kena reshuffle," pungkas analis politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Susunan lengkap kabinet akan diumumkan usai pelantikan Prabowo-Gibran pada 20 Oktober 2024. Tetapi besar kemungkinan beberapa menteri Jokowi akan tetap memegang peran penting di pemerintahan mendatang. 

Sumber: rmol
Foto: Kebersamaan Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto/Istimewa
Akomodir Menteri Jokowi, Prabowo Ingin Transisi Tanpa Gejolak Akomodir Menteri Jokowi, Prabowo Ingin Transisi Tanpa Gejolak Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar