Breaking News

Biar Kembali Akrab, Cak Imin Disarankan Setenda dengan Gus Ipul di Lembah Tidar


Dilantiknya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Menko Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto menarik perhatian publik.

Pasalnya, salah satu kementerian di bawah naungan Kemenko Pemberdayaan Masyarakat adalah Kementerian Sosial yang dipimpin Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Hal ini menarik perhatian mengingat hubungan Cak Imin dan Gus Ipul belakangan kurang harmonis. Gus Ipul saat ini juga menjabat Sekjen PBNU dan Cak Imin sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menanggapi hal ini, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno membayangkan Cak Imin memanggil Gus Ipul untuk melakukan rapat atau keduanya dipanggil Presiden untuk rapat kabinet.

"Kebayang nggak sih kalau Cak Imin dan Gus Ipul itu jumpa di rapat kabinet, ngobrol apa kira-kira?" kata Adi lewat akun X miliknya, Selasa 22 Oktober 2024.

Analis politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu pun mempunyai usulan agar Cak Imin dan Gus Ipul bisa kembali akrab yakni dengan memanfaatkan momen pembekalan lanjutan di Akademi Militer atau Akmil, Magelang, Jawa Tengah, yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

"Boleh juga jika keduanya satu tenda di  penggemblengan lembah tidar," usul Adi Prayitno.

Perseteruan antara PKB dengan PBNU memuncak setelah Pilpres 2024. Konflik ini berawal ketika Gus Ipul mengajak PKB kembali ke jalan yang sama seperti NU. Ia menyayangkan langkah-langkah politik elite PKB yang tidak pernah mendengarkan ulama dan kiai.

Tak mau kalah, kubu Cak Imin pun memainkan strategi lain. Mereka bermanuver di Parlemen dengan membentuk Pansus Angket Haji 2024 dan menggelar Muktamar PKB di Bali. Cak Imin kembali terpilih menjadi Ketua Umum bersama KH Ma'ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro PKB.

Sumber: rmol
Foto: Kolase Menteri Sosial Saifullah Yusuf dan Menko Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Muhaimin Iskandar/Ist
Biar Kembali Akrab, Cak Imin Disarankan Setenda dengan Gus Ipul di Lembah Tidar Biar Kembali Akrab, Cak Imin Disarankan Setenda dengan Gus Ipul di Lembah Tidar Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar