Breaking News

Geger Akun Medsos Asosiasi Sepak Bola Bahrain Kena Hack


Asosiasi Sepak Bola Bahrain mengumumkan akun sosial mereka diretas. Hal ini terjadi usai laga kontroversial menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Jumat 11 Oktober 2024.

Dalam unggahan di akun resmi Instagram @bahrainfa, mereka menyebut akun-akun media sosial yang lain mendapat serangan siber dan kena hack. Pihaknya masih berusaha menangkal peretasan yang terjadi.

"Akun media sosial dan situs web korespondensi Asosiasi Sepakbola Bahrain menjadi sasaran tindakan dan percobaan hacking berulang; Yang menyebabkan peretasan terhadap beberapa akun karyawan dan gangguan pada layanan," tulis pernyataan resmi akun Instagram Bahrain, Senin (14/10/2024).

Mereka juga mengatakan, akun media sosial para pemain tim nasional turut menjadi sasaran percobaan peretasan, selain banyak komentar yang kasar dan tidak akurat.

Kepala departemen IT Majdi Aldoseri menjelaskan, situs web dan akun FA Bahrain menjadi sasaran percobaan peretasan.

"Departemen melakukan pekerjaan melawan percobaan peretasan itu dan meminta semua pihak yang menggunakan sistem korespondensi FA Bahrain untuk berhati-hati, tidak mengklik tautan yang mencurigakan, dan mengganti password guna menghindari peretasan lebih lanjut," kata mereka.

Aldoseri menegaskan kampanye yang menyasar Bahrain FA adalah bagian dari serangan siber terhadap berbagai institusi atau individu, dan menunjukkan pentingnya mengambil semua tindakan pencegahan. Terutama karena hal ini terkait dengan sistem, situs web, dan akun media sosial yang jadi sasaran ancaman dan komentar yang menyerang.

Akun wasit Ahmed Al Kaf hilang

Sebelumnya, akun Instagram wasit Ahmed Al Kaf hilang usai laga Indonesia vs Bahrain yang berlangsung di Bahrain National Stadium itu.

Hilangnya akun Instagram Ahmed kemungkinan juga karena kontroversi yang memicu kemarahan netizen karena telah "merampok" kemenangan timnas Indonesia.

Indonesia unggul 2-1 lewat gol Rafael Struick. Namun ada drama wasit mengulur perpanjangan waktu dan berujung gol kedua Bahrain.

Gol tersebut tercipta pada menit ke-90+9 alias lewat 3 menit dari 6 menit injury time. Official Indonesia melancarkan protes karena wasit membiarkan waktu berjalan lebih, tapi tidak digubris.

Wasit Al-Kaf justru memberi kartu merah kepada manajer Timnas Indonesia, Sumardji. Skor 2-2 jadi hasil akhir pertandingan.

Penonton pun marah dengan tindakan wasit. Netizen Indonesia lalu membagikan akun Instagram Ahmed Al Kaf di media sosial lain, seperti X. Dan tak butuh waktu lama akun tersebut hilang.

Saat ini, Jika mengetik nama wasit asal Oman itu di Google Search, langsung akan ditampilkan akun Instagram aslinya @ahmedalkaf.

Namun, ketika diklik akun tersebut tak bisa dibuka dan profilnya lenyap. Padahal sebelum menghilang, sempat ada 83 postingan dan 17 ribu followers.

"Akun instagram wasit Ahmed Alkaf seketika hilang!! Report besar2an tampaknya setelah peluit panjang," kata netizen.

"Instagram wasit pro Bahrain hilang," kata yang lain sambil membagikan gambar tangkapan layar akun Ahmed yang lenyap.

Foto: Akun sosmed Asosiasi Sepakbola Bahrain diretas. (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed)
Geger Akun Medsos Asosiasi Sepak Bola Bahrain Kena Hack Geger Akun Medsos Asosiasi Sepak Bola Bahrain Kena Hack Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar