Breaking News

Iftitah Sulaiman, Dulu Dukung Anies Kini Calon Menteri Prabowo


Politikus Partai Demokrat, Muhammad Iftitah Sulaiman yang dulunya merupakan ajudan Susilo Bambang Yudhoyono terlihat mendatangi kediaman presiden terpilih, Prabowo Subianto pada hari Senin, 14 Oktober 2024. 

“Tadi beliau (Prabowo) memanggil saya kemudian saya mewakili Partai Demokrat yang diminta kesediaannya oleh beliau untuk membantu di kabinet,” ujar Sulaiman usai bertemu dengan Prabowo.

Kedatangan ini tentu tidak terlepas dari isu pemilihan menteri yang sedang disusun oleh Prabowo Subianto. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sosok Iftitah Sulaiman sempat menjadi pendukung Anies di awal masa kampanye presiden tahun ini? Berikut rekam jejaknya.

Rekam jejak Iftitah Sulaiman

Lahir di Pandeglang, Banten pada 10 Maret 1977, Iftitah Sulaiman merupakan lulusan dari Akademi Militer dan sempat berdinas di tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) sebelum akhirnya memutuskan pensiun di tahun 2019 lalu.

Usai pamit dari dunia militer, peraih Bintang Adhi Makayasa tahun 1999 ini memilih untuk menggeluti dunia bisnis dan melanjutkan pendidikannya.

Perannya di dunia politik mulai tercium usai ditetapkan sebagai Pembantu Asisten Sespri Presiden RI (2011–2015). Artinya, ia pernah menjadi pendamping Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Joko Widodo (Jokowi).

Setelah itu, tepatnya di tahun 2019, pria yang sempat mengajar di Universitas Pertahanan ini resmi bergabung dengan Partai Demokrat. Karena jabatan inilah Iftitah Sulaiman sempat menjadi pendukung Anies.

Sebab, sebelum mengumumkan pemasangannya dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Demokrat sempat disebut sebagai partai yang akan mengisi kedudukan calon wakil presiden bagi Anies Baswedan.

Alhasil, setelah deklarasi Anies-Muhaimin Iskandar sebagai capres-cawapres, Partai Demokrat pun beralih ke Koalisi Indonesia Maju dan mendukung Prabowo-Gibran. Dengan begitu, tak heran jika Iftitah Sulaiman dipanggil menjadi salah satu perwakilan yang mungkin mendapat jatah menteri.

Meski begitu, Iftitah sendiri mengaku belum tahu jabatan menteri yang akan diterimanya. Sejauh ini, Prabowo baru memintanya bersiap membangun Indonesia Timur.

Selain Iftitah Sulaiman, ada 48 tokoh lain yang dipanggil Prabowo Subianto ke kediamannya. Di antara daftar tersebut, ada nama-nama lama, termasuk Sri Mulyani dan Airlangga Hartarto.

Sumber: suara
Foto: Politikus Partai Demokrat Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara usai mendatangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
Iftitah Sulaiman, Dulu Dukung Anies Kini Calon Menteri Prabowo Iftitah Sulaiman, Dulu Dukung Anies Kini Calon Menteri Prabowo Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar