Breaking News

IKN Proyek Rakyat Disebut Dusta, Jejak Digital Jokowi Bentuk Tim Diam-diam untuk Kaji IKN Viral


Akademisi Cross Culture Ali Syarief buka suara terkait pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut IKN adalah proyek seluruh rakyat yang diwakili oleh 93 fraksi DPRI RI.

Menurut Ali Syarief, pernyataan Presiden Jokowi tersebut adalah dusta karena usulan pemindahan ibu kota tidak pernah di kampanyekan saat Pemilu 2019 untuk periode kedua.

Ali Syarief menilai kebohongan Presiden Jokowi terkait IKN proyek rakyat sama halnya dengan mobil listrik Esemka pada periode pertama.

"Ini mnrt saya juga dusta. Ikn tdk di kampanyekan diperiode ke 2, seperti Esemka di periode ke 1," tulis Ali Syarief melalui akun Twitter (X) pribadinya, @alisyarief, dikutip Minggu (05/10/2024).

Dalam cuitan tersebut, Ali Syarief juga mengunggah postingan terkait jejak digital Jokowi yang pernah menyebut pemindahan ibu kota telah ia kaji bersama tim yang dibentuknya secara diam-diam.
Potongan video tersebut memperlihatkan pernyataan Jokowi saat memberi sambutan pada groundbreaking pembangunan Kompleks Bank Indonesia di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada akhir tahun 2023 lalu.

"Sembilan tahun yang lalu secara diam-diam saya bentuk tim untuk melihat kembali gagasan-gagasan yang telah dilakukan oleh presiden pertama, kedua dan selanjutnya," ujar Jokowi dalam video.

Jokowi juga melanjutkan, tim yang ia bentuk tersebut telah melakukan kajian studi selama enam tahun untuk memutuskan pemindahan ibu kota ke IKN.

"Dan akhirnya setelah enam tahun studi, berkalkulasi dan berhitung kemudian kita memiliki beberapa opsi. Beberapa pilihan dan akhirnya terakhir kita putuskan ibu kota kita yang baru, ibu kota negara adalah Nusantara," tambah Jokowi.

Alhasil, pernyataan tersebut membuktikan bahwa pemindahan ibu kota tidak serta merta keinginan seluruh rakyat.

Sebab hal tersebut tidak ada dalam bahan kampanye Jokowi saat kembali maju sebagai Calon Presiden di Pemilu 2019.

Jokowi pun telah mengkajinya secara diam-diam melalui tim yang tidak diketahui siapa saja sosok ahli yang berada dibelakangnya.

Sebagian netizen pun sepakat dengan pernyataan Ali Syarief yang menganggap pernyataan Jokowi tak sekedar dusta semata.

"Klo bicara soal dustanya Jokowi saya rasa gak sulit kita cari dgn membuka jejak digital beliau yg hampir hari² kita dengar sebelumnya ya Ngibul, Prank, Dusta," jelas netizen.

"Esemka dan IKN bullshit omon omon doang bawa2 nama rakyat," tulis netizen.

Sumber: suara
Foto: Kolase foto Jokowi dan IKN. [Ist]
IKN Proyek Rakyat Disebut Dusta, Jejak Digital Jokowi Bentuk Tim Diam-diam untuk Kaji IKN Viral IKN Proyek Rakyat Disebut Dusta, Jejak Digital Jokowi Bentuk Tim Diam-diam untuk Kaji IKN Viral Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar