Breaking News

Kejanggalan Gelar S3 Bahlil Lahadalia Jadi Sorotan di X: Lulus dalam 1,5 Tahun?


Nama Bahlil Lahadalia kini menjadi sorotan. Warganet menyoroti gelar S3 Bahlil yang sekarang menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di kabinet Indonesia Maju.

Hal ini terungkap dalam unggahan akun X @/Ibr*****iar, beberapa waktu lalu. Ia membagikan tangkapan layar seputar data pendidikan Ketua Umum Partai Golkar.

Dalam tangkapan layar itu, Bahlil terdaftar sebagai mahasiswa jenjang Doktor di Universitas Indonesia. Bahlil mengambil program studi Kajian Stratejik dan Global pada Februari 2023.

Pendidikan S3 Bahlil akan berakhir jika dinyatakan lulus pada Oktober 2024. Jika ditotal, ia hanya menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 tahun, tepatnya 15 bulan untuk mendapatkan gelar Doktor.

Viral status Bahlil Lahadalia sebagai mahasiswa S3 (X)

Hal itu membuat warganet merasa janggal dengan waktu tempuh pendidikan S3 Bahlil yang dirasa cukup singkat. Padahal, kuliah S3 pada umumnya ditempuh dalam waktu 3 tahun.

Apalagi, Bahlil saat itu ia masih menjabat sebagai Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, yang memiliki kegiatan cukup padat.

"Masuk: Februari 2023. Lulus: Oktober 2024. Total waktu S3: 18 bulan= 1,5 tahun. Dilakukan sambil menjabat menteri. Masuk akal?" tulis warganet.

Sementara itu, warganet lain turut menyoroti status biodata Bahlil di Universitas Indonesia. Dalam biodata itu, Bahlil status mahasiswanya masih aktif untuk periode 2024/2025 ganjil. Artinya, bisa disimpulkan bahwa ia masih belum lulus.

Kendati demikian, Bahlil dikabarkan akan menjalani sidang pada bulan ini. Sehingga, ia dapat dinyatakan lulus bulan Oktober 2024.

Viral status Bahlil Lahadalia sebagai mahasiswa S3 (X)

Tentu saja, unggahan itu menimbulkan berbagai komentar negatif dari warganet. Ada yang mengatakan bahwa gelar bisa dipolitisasi di Indonesia hanya untuk sekedar pencitraan.

"Ini salah-satu hal yang saya benci mengenai pendidikan di Indonesia, karena gelarnya bisa dipolitisasi untuk sekedar pencitraan. Gelarnya ada, tapi isi otaknya gak ada," komentar warganet.

Ada pula salah satu warganet yang membagikan pengalaman sulitnya saat harus menyelesaikan kuliah S3-nya sambil bekerja.

"Saya ngambil S3 sambil masih kerja dan juga bukan menteri, udah rasanya jatuh bangun dan ngga bisa dipercepat. Selain itu juga banyak tahapan yang harus dilalui, yang sesuai jadwal aja 3 tahun (6 semester). Berarti beliau ini sangat-sangat luar biasa," celetuk warganet.

Sumber: suara
Foto: Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia/Net
Kejanggalan Gelar S3 Bahlil Lahadalia Jadi Sorotan di X: Lulus dalam 1,5 Tahun? Kejanggalan Gelar S3 Bahlil Lahadalia Jadi Sorotan di X: Lulus dalam 1,5 Tahun? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar