Breaking News

Kisah Gadis Bernama Tilly Smith, Selamatkan Ratusan Nyawa dari Tsunami dengan Pelajaran Geografi


Pada Natal tahun 2004, bencana tsunami mengerikan melanda pantai Samudra Hindia hingga menewaskan ribuan nyawa dan merusak banyak masyarakat di 14 negara.

Namun, di tengah kehancuran itu, ada seorang gadis kecil yang menjadi pahlawan tak terduga. Namanya Tilly Smith, seorang gadis Inggris berusia 11 tahun, berada di Phuket bersama keluarganya saat peristiwa tragis itu terjadi.

Dilansir dari Daily Mirror, meskipun masih sangat muda, Tilly Smith memiliki pengetahuan yang luar biasa tentang geografi dan tsunami. Jadi, saat dia melihat tanda-tanda aneh di laut, dia dengan cepat menyadari bahaya yang mengintai.

Berkat pengetahuannya yang sangat luas, Tilly langsung saja memperingatkan keluarganya tentang adanya potensi bahaya bencana alam tsunami. Meskipun awalnya tidak percaya, orang tuanya pada akhirnya mau mendengarkan peringatannya meski sebelumnya sempat keras kepala.

Ketika Tilly dan keluarganya dievakuasi ke lantai dua sebuah hotel, tsunami setinggi 9 meter datang dan menghancurkan daerah sekitarnya.

Berkat kewaspadaan Tilly, mereka semua berhasil selamat dari malapetaka tersebut. Pantai tempat mereka berada adalah salah satu dari sedikit tempat yang tidak melaporkan korban jiwa, semua berkat tindakan cepat Tilly.

Setelah bencana itu mereda, Tilly menjadi pahlawan kecil yang diakui oleh semua orang. Baik sekolahnya maupun keluarganya merasa bangga akan keberanian dan kecerdasannya.

Dengan ilmu pengetahuan yang ia pelajari, Tilly telah menunjukkan betapa pentingnya pengetahuan dan kesigapan dalam menghadapi bencana alam yang tak terduga.

Di tengah kesedihan dan kehancuran, Tilly Smith adalah cahaya harapan yang bersinar terang. Seorang gadis kecil dengan keberanian besar dan tekad kuat untuk melindungi orang-orang yang dicintainya.

Kisahnya adalah cerminan dari kekuatan pengetahuan dan kesadaran akan lingkungan sekitar. Tilly Smith, si "Malaikat Pantai", telah menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu waspada dan siap menghadapi segala tantangan yang tak terduga.

FAKTA SEBELUM TERJADINYA TSUNAMI

Peringatan tsunami alam meliputi gempa bumi yang kuat atau panjang, suara gemuruh yang keras (seperti kereta api atau pesawat terbang) dari laut, dan perilaku laut yang tidak biasa.

Lautan bisa tampak seperti banjir yang naik dengan cepat atau dinding air. Atau, laut bisa tiba-tiba surut, memperlihatkan dasar laut, terumbu karang, dan ikan seperti air pasang yang sangat rendah.

Gelombang tsunami bisa sangat panjang (hingga 60 mil, atau 100 kilometer) dan berjarak satu jam. Gelombang ini mampu melintasi seluruh lautan tanpa kehilangan energi yang besar.

Tsunami Samudra Hindia menempuh jarak sejauh 3.000 mil (hampir 5.000 kilometer) ke Afrika, tiba dengan kekuatan yang cukup untuk membunuh orang dan menghancurkan properti.

Para ilmuwan mengatakan bahwa gempa bumi besar berkekuatan 9 melanda Pasifik Barat Laut pada tahun 1700 dan menciptakan tsunami yang menyebabkan banjir dan kerusakan di pantai Pasifik Jepang.

Sumber: disway
Foto: Kisah Gadis Bernama Tilly Smith, Selamatkan Ratusan Nyawa dari Tsunami dengan Pelajaran Geografi---LinkedIN
Kisah Gadis Bernama Tilly Smith, Selamatkan Ratusan Nyawa dari Tsunami dengan Pelajaran Geografi Kisah Gadis Bernama Tilly Smith, Selamatkan Ratusan Nyawa dari Tsunami dengan Pelajaran Geografi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar