Breaking News

Mengintip Gurita Bisnis dan Kekayaan Gus Miftah, Pendakwah yang jadi Utusan Khusus Presiden Prabowo


Gus Miftah atau yang memiliki nama lengkap K.H. Miftah Maulana Habiburrahman ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan.

Ia juga telah dilantik pada 22 Oktober 2024 kemarin bersama utusan khusus lain, seperti aktor Raffi Ahmad di Istana Negara.

Gus Miftah sendiri merupakan tokoh agama yang kerap jadi sorotan. Bahkan ia juga tak jarang bersinggungan dengan kontroversi selama menjadi pendakwah.

Besar dari kegiatan amalnya sebagai penceramah, tentu Gus Miftah bergelimang harta. Bahkan ia memiliki pondok pesantren bernama Ora Aji yang terletak di Sleman, DIY dengan ratusan santri yang berguru pada dia.

Lantas seberapa kaya Gus Miftah sejauh aktivitasnya sebagai penceramah?.

Gus Miftah sendiri hijrah dari Lampung Tengah ke DI Yogyakarta pada 1999. Selepas lulus dari Madrasah Aliyah di Lampung, ia meneruskan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunana Kalijaga Yogyakarta.

Dalam menempuh pendidkan Gus Miftah pindah ke Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Lalu pada 2002 ia mulai terjun sebagai penceramah hingga kini.

Sebagai penceramah Gus Miftah cukup beruntung. Ia mengantongi sejumlah pendapatan yang sangat besar

Beberapa informasi Gus Miftah bisa mendapat bayaran miliaran rupiah dari kegiatan ceramahnya. Meski begitu, Ia tak mengaku bahkan tak menampik dengan bayarannya yang fantastis.

Pendakwah yang pernah berceramah di salah satu diskotik itu pun mengaku memberikan tarif yang sesuai terhadap orang yang mengundang dirinya.

Tidak hanya berceramah, pria yang pernah menjadi santri ini juga suka berbisnis, Gus Miftah membangun usaha parfum yang diberi nama D'Goes.

Memiliki usaha parfum, ia juga menjadi Brand Ambassador salah satu perusahaan perjalanan bernama PT Kanomas Arci Wisata yang bergerak di jasa travel haji dan umroh.

Sebagai penceramah yang memanfaatkan teknologi, Gus Miftah juga memiliki kanal YouTube pribadi yakni Gus Miftah Official. Ia kerap membagikan kegiatan dakwahnya di sejumlah bar dan diskotik yang ada di Jogja.

Jika dilihat dari kanal YouTube miliknya sudah ada lebih dari 1 juta subscriber. Dengan ratusan video dengan jumlah pelanggan sebanyak itu, pendapatan Gus Miftah bisa mencapai Rp5-85 juta setiap bulan mengutip dari SocialBlade.

Tentu dari jumlah pendapatan di YouTube, usaha parfum hingga kegiatan dakwahnya bisa menghidupi dirinya serta membesarkan ponpes Ora Aji.

Jika dikalkulasi, pendapatannya dalam setahun bisa mencapai Rp1 miliar lebih.

Sumber: suara
Foto: Gus Miftah, pendakwah yang punya Ponpes di Sleman saat memberikan ceramah. (Instagram/@ponpesoraaji)
Mengintip Gurita Bisnis dan Kekayaan Gus Miftah, Pendakwah yang jadi Utusan Khusus Presiden Prabowo Mengintip Gurita Bisnis dan Kekayaan Gus Miftah, Pendakwah yang jadi Utusan Khusus Presiden Prabowo Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar