Breaking News

Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun


Nobuyo Oyama, pengisi suara karakter Doraemon dalam versi anime dilaporkan telah meninggal dunia di umurnya yang ke-90 pada Minggu (29/9).

Kabar duka tersebut baru diumumkan berbagai media lokal Jepang pada Jumat (11/10/2024). Menurut laporan, pemakaman sang aktris telah digelar dan dihadiri oleh keluarga serta kerabat terdekatnya.

Nobuyo Oyama lahir di Tokyo, Jepang, pada 1933 dan menggeluti karier di industri hiburan sebagai seorang aktris. Ia lalu menjajaki karier sebagai pengisi suara ketika menjadi dubber untuk serial Lassie pada 1957. 

Sang aktris kemudian melakoni kiprahnya sebagai dubber ketika bergabung dalam serial Hustle Punch (1965) dan Sazae-san (1969).

Nobuyo Oyama sempat menjadi dubber untuk sederet judul lain, seperti Norakuro, Hazedon, hingga Invincible Super Man Zambot 3.

Pada 1979, ia kemudian bergabung sebagai pengisi suara di serial kartun Doraemon. Oyama terpilih mengisi suara karakter utama, Doraemon, seekor robot kucing genius dari masa depan.

Berkat Doraemon, Oyama mendulang popularitas pesat hingga di kancah internasional. Serial kartun itu bahkan terus bertahan selama puluhan tahun dan telah melahirkan ribuan episode sejak pertama kali rilis.

Doraemon bahkan tercatat dirilis sejak 1979 hingga 2005 dengan Nobuyo Oyama yang tetap bergabung untuk semua episode itu, bersama dengan sederet pengisi suara untuk karakter utama lainnya.

Oyama sempat menjadi pengisi suara Doraemon untuk proyek-proyek di media lainnya, seperti film anime hingga video gim Doraemon.

Setelah mengakhiri serial Doraemon, Oyama kembali melebarkan sayap dengan mengisi suara karakter Monokuma untuk serial anime Danganropa: The Animation dan Wooser's Hand-to-Mouth Life: Awakening Arc.

Sejak 2015, Nobuyo Oyama didiagnosis mengalami demensia yang berhasil menyebabkan semua proyeknya ditunda tanpa batasan waktu tertentu.

Hal itu juga yang membuat dirinya batal kembali mengisi suara Monokuma dalam proyek Danganropa pada 2016.

Oyama lalu menghabiskan sisa waktunya di panti jompo selama mengalami demensia. Di masa tuanya, ia disebut dalam kondisi sehat meski demensia yang diderita semakin parah. 

Ia juga diceritakan senang berbincang dengan penghuni lain dan aktif dalam berbagai kegiatan sebelum akhirnya berpulang pada usia ke-90.

Sumber: suara
Foto: Nobuyo Oyama (x.com)
Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar