Breaking News

Prabowo Dinilai Akan Libatkan Banyak Purnawirawan TNI Jadi Menteri, Luhut Paling Berpeluang Termasuk 2 Sosok Ini


Presiden terpilih Prabowo Subianto dinilai akan mempertahankan sejumlah orang kepercayaannya yang sama-sama dari kelompok militer untuk bergabung jadi menteri dalam kabinet pemerintahannya. Prediksi tersebut disampaikan pengamat politik Rocky Gerung.

Menurut Rocky Gerung, penyusunan kabinet baru nanti akan menjadi momen legitimasi bagi Prabowo sendiri dengan pemilihan menteri secara legal.

Salah satu nama yang paling mungkin dipertahankan Prabowo ialah Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini juga menjabat sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi pada pemerintaha Presiden Joko Widodo.

"Mungkin ya pasti ada Pak Luhut di situ yang dianggap juga senior di dalam pemerintahan dan pengetahuan tentang berbagai hal Indonesia maupun luar negeri," kata Rocky Gerung dikutip dari tayangan video di kanal YouTube pribadinya, Minggu (13/10/2024).

Selain itu, ada pula nama Sjafrie Sjamsoeddin yang juga jadi asisten khusus Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Rocky Gerung juga menyebut nama Komisaris Garuda Indonesia, Glenny Kairupan yang juga termasuk salah satu orang-orang dalam lingkungan dekat Prabowo.

"Jadi semuanya geng, bukan geng politik, ini adalah geng yang manfaatkan suasana keterbukaan untuk menyatakan, kalau saya bisa berpikirnya, ingin menyelamatkan pemerintahan ini sampai 2029," sangka Rocky Gerung.

Dalam penyusunan kabinet tersebut, peran Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga nampaknya tak bisa ditinggalkan begitu saja. Terlebih SBY juga sebagai senior Prabowo di angkatan militer.

"Akan ada nasihat dari pak SBY, bagaimana memerintah dengan baik, bagaimana memerintah dengan cerdik. Sama juga ada Pak Luhut, Glenny Kairupan, kemudian pak Sjafrie yang memang datang dari basis militer," tambah Rocky Gerung.

Walau demikian, menurutnya, publik juga tak perlu khawatir kalau pemerintahan Prabowo akan terlalu dikuasai oleh militer. Rocky Gerung membaca bahwa Prabowo bersama kelompok politisi dari kalangan militer itu justru ingin mempertahankan pemerintahan tetap dalam jalir demokrasi yang benar.

Karenany, Rocky Gerung juga mengingatkan publik untuk tetap kritis dalam mengawasi kinerja pemerintah.

"Itu fungsi dari masyarakat sipil, fungsi dari guru-guru besar, fungsi dari dosen-dosen, fungsi dari mahasiswa untuk memastikan bahwa kepimpinan Prabowo harus dikendalikan berbasis pada kepentingan kedulutan rakyat, berbasis pada nilai-nilai sipil," tuturnya.

Sumber: suara
Foto: Menhan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto saat menghadiri rapat di DPR RI. (Suara.com/Bagaskara)
Prabowo Dinilai Akan Libatkan Banyak Purnawirawan TNI Jadi Menteri, Luhut Paling Berpeluang Termasuk 2 Sosok Ini Prabowo Dinilai Akan Libatkan Banyak Purnawirawan TNI Jadi Menteri, Luhut Paling Berpeluang Termasuk 2 Sosok Ini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar