Breaking News

Segini Biaya Kuliah S3 Bahlil Lahadalia Demi Raih Gelar Doktor di UI


Bahlil Lahadalia kini menjadi buah bibir publik usai menamatkan studi S3 yang ia tempuh di Universitas Indonesia (UI).

Publik kini mulai menguliti perjalanan kuliah Bahlil di UI yang berhasil ia tamatkan usai menempuh ujian doktor pada Rabu (16/10/2024) lalu dengan disertasi bertajuk "Kebijakan, Kelembagaan dan Tata Kelola Hirilisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia".

Ternyata, biaya kuliah yang dibayarkan oleh Bahlil demi mengejar gelar Doktor di bidang Kajian Stratejik Global tidaklah murah.

Sosok Ketua Umum Golkar sekaligus mantan Menteri Investasi RI ini rela menggelontorkan puluhan juta Rupiah demi bisa mendapatkan pendidikan di salah satu kampus top di Indonesia itu.

Lantas, berapa biaya kuliah S3 di UI?

Mahasiswa doktoral di UI harus bayar puluhan juta tiap semester

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), biaya kuliah di UI diwujudkan dalam bentuk uang kuliah.

Adapun tiap fakultas dan program studi di UI memiliki nominal uang kuliah berbeda-beda yang dibayarkan tiap semesternya.

Uang kuliah untuk Program Doktoral atau S3 di UI berkisar antara rentang Rp10-70 juta sesuai dengan program studi masing-masing.

Bahlil Lahadalia diketahui mengambil Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI.

Sebelum diterima sebagai mahasiswa doktoral, calon mahasiswa SKSG UI harus membayar uang pendaftaran Rp1.600.000 dan lalu menempuh seleksi

Setelah dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa SKSG UI diwajibkan membayar uang kuliah dengan rincian sebagai berikut:
  • Warga Negara Indonesia (WNI): Rp26.500.000,
  • Warga Negara Asing (WNA): Rp44.000.000,
  • Program Riset: Rp29.000.000
Bahlil Lahadalia dapat gelar Doktor hanya tempuh 3 semester

Mahasiswa Doktoral di UI umumnya menempuh masa studi selama 3 tahun atau 6 semester untuk bisa lulus.

Sehingga, seorang mahasiswa di program Doktoral UI akan membayar uang kuliah sebanyak 6 kali berkaca dengan jumlah semester yang ia tempuh.

Bahlil Lahadalia di satu sisi hanya butuh kurun waktu 1 tahun 6 bulan atau 3 semester untuk bisa dinyatakan lulus, sehingga ia hanya cukup membayar uang kuliah sebanyak 3 kali.

Durasi studi yang ditempuh Bahlil untuk dapat gelar S3 dinilai tak wajar oleh beberapa lapisan masyarakat.

Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) prof. Dr. Cecep Darmawan sontak memberi penjelasan bahwa Bahlil menempuh program riset yang waktunya studinya fleksibel.

"By research waktunya lebih fleksibel. Tapi buat orang istimewa by reasearch itu. Berarti Pak Bahlil istimewa. Memang tidak semua orang bisa by reasearch," jelas Cecep ke wartawan, Kamis (17/10/2024).

Sumber: suara
Foto: Bahlil Lahadalia (Instagram).
Segini Biaya Kuliah S3 Bahlil Lahadalia Demi Raih Gelar Doktor di UI Segini Biaya Kuliah S3 Bahlil Lahadalia Demi Raih Gelar Doktor di UI Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar