Breaking News

Tak Boleh Dirancang Kekinian, Jokowi Minta Istana Garuda Dibuat Angker?


Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur masih terus menjadi sorotan.

Salah satu yang selalu menjadi sorotan adalah pembangunan dari Istana Garuda yang menjadi kantor presiden Indonesia nantinya.

Sejak awal, pembangunan dari Istana Garuda ini kerap menjadi topik hangat yang diperbincangkan karena desainnya yang unik.

Desain unik dari Istana Garuda ini dibuat oleh seniman kondang Nyoman Nuarta yang juga membuat patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

Sayangnya, Istana Garuda yang masih tahap penyelesaian ini sempat disorot karena ketidaksesuaian ekspektasi dari publik.

Banyak publik menilai Istana Garuda ini justru terlihat seram dan angker, bahkan burung garuda yang jadi lambang dari istana dimiripkan dengan kelelawar.

Alhasil, penggunaan dana senilai Rp2 triliun yang digunakan untuk membangun Istana Garuda pun banyak dikritik publik.

Sementara, isu Istana Garuda yang memang sengaja dibuat seram dan angker pun menyeruak.

Lantas benarkah pembangunan Istana Garuda memang sengaja dibuat seram dan angker?

Melalui kutipan dari Jokowi, pembangunan istana presiden memang dibuat harus ada unsur angkernya. Hal ini dikonfirmasi oleh desainer interior Istana Kepresidenan, Rudy Dodo.

"Untuk memenuhi unsur kewibawaan, interior istana tidak boleh dirancang kekinian atau aku, kalua mengutip istilah Pak Jokowi harus ada angkernya sedikit," kata Dodo.

Kini Terlihat Megah

Beberapa waktu lalu, Istana Garuda dikritik karena bangunannya dianggap seram, bernuansa mistis, hingga hewan burung Garuda di patung yang dianggap justru mirip hewan kelelawar.

Tetapi, kritikan tersebut mulai mereda setelah masyarakat melihat langsung bangunan tersebut saat perayaan Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-79 di IKN.

Kini, bangunan Istana Garuda pun tampak lebih megah lantaran pembangunannya yang sudah mulai kembali ditata dengan lebih baik lagi.

Terutama di sore hari menjelang matahari terbenam, bangunan Patung Garuda yang disetiap bilahnya terdapat lampu mulai menyala dan menerangi sayap Garudanya.

Alhasil, kemegahan Patung Garuda pun menjadi lebih terlihat saat membuka pintu gerbang istananya.

Sorotan kemegahan Istana Garuda yang terpancar saat sore hari menjelang malam ini terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @halloikn.id.

Dalam akun tersebut, keterangan tulisan dalam video menyiratkan bahwa Istana Garuda di sore hari terlihat sangat indah.

Sumber: suara
Foto: Lapangan upacara di Istana Garuda IKN. [Ist]
Tak Boleh Dirancang Kekinian, Jokowi Minta Istana Garuda Dibuat Angker? Tak Boleh Dirancang Kekinian, Jokowi Minta Istana Garuda Dibuat Angker? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar